Cara Ganti Baterai Remote Mobil

Cara Ganti Baterai Remote Mobil

Cara ganti Remote mobil, seperti alat elektronik lainnya, memiliki baterai yang pada akhirnya akan habis. Kamu mungkin menyadari baterai remote mobil mulai melemah ketika remote menjadi kurang responsif atau jarak operasinya semakin pendek. Hal ini tentu merepotkan, terutama ketika harus menggunakan kunci manual atau mendekatkan remote ke mobil untuk menggunakannya. Padahal, remote tersebut bisa sangat membantu, misalnya saat mencari mobil yang diparkir.

Jika kamu mengalami masalah ini, berikut adalah cara mengganti baterai remote mobil dengan mudah.

Cara Ganti Baterai Remote Mobil

Dikutip dari thenewswheel.com, berikut adalah langkah-langkah mengganti baterai remote mobil.

  1. Cari Bagian Sekrup untuk Membuka Cangkang Remote

Bagian ini mungkin sedikit rumit karena takiknya bisa tidak terlihat jelas. Pada beberapa unit, ada celah kecil di bagian atas, tetapi untuk unit lainnya, kamu mungkin harus memeriksa titik sambungan tempat kunci darurat meluncur keluar.

  1. Gunakan Obeng untuk Membukanya

Untuk membuka bagian baterainya, gunakan obeng pipih. Mencongkel dengan obeng pipih akan memudahkan kamu mengeluarkan baterai dari tempatnya.

  1. Ketahui Jenis Baterai yang Digunakan

Setelah berhasil mengeluarkan baterainya, perhatikan jenis baterai yang digunakan. Biasanya, remote mobil menggunakan baterai pipih seperti yang digunakan pada jam tangan. Setelah mengetahui jenisnya, beli baterai baru dengan tipe yang sama.

  1. Ganti Baterai Lama dengan yang Baru

Masukkan baterai baru yang sudah kamu beli ke dalam remote mobil. Pastikan posisinya tidak terbalik agar kamu tidak perlu membuka remote lagi.

  1. Tutup Kembali Cangkang Remote

Setelah mengganti baterai, tutup kembali cangkang remote seperti semula. Coba cek tombol-tombol pada remote apakah sudah berfungsi dengan baik. Jika tidak, ulangi langkah pertama.

Viral :   Spesifikasi dan Harga Mobil Brio 2021

Kualitas dan Masa Pakai Remote

Kualitas dan masa pakai remote sangat bergantung pada baterai pengganti yang kamu beli, seberapa sering kamu menggunakannya, dan jenis baterai itu sendiri. Biasanya, kamu mungkin perlu mengganti baterai setiap lima tahun atau lebih.

Dengan mengikuti panduan ini, kamu bisa mengganti baterai remote mobil sendiri dengan mudah dan memastikan remote berfungsi kembali dengan optimal.